Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

The Adventure of Tintin : Tintin dan Alph-Art

Tintin dan Alpha-Art (Bahasa Perancis: Tintin et l'alph-art) adalah buku ke-24 dan terakhir dari seri Petualangan Tintin, yang diciptakan oleh artis komik Belgia Hergé. 

Buku ini sangat berbeda dengan buku-buku sebelumnya dalam hal alur cerita dan topik, termasuk di dalamnya gaya cerita, karena Hergé telah kehilangan semangat untuk membuat cerita-cerita baru lagi dalam serial Tintin. 

Hergé mengerjakan buku terakhir ini hingga wafatnya pada tahun 1983, dan buku ini diterbitkan setelah ia meninggal (biarpun statusnya masih belum selesai) pada tahun 1986 oleh Casterman yang berkerja-sama dengan La Fondation Hergé, dan diterbitkan ulang pada tahun 2004 dengan material tambahan. 

Pada tahun 1976, beberapa bulan setelah terbitnya buku Tintin dan Picaros, Hergé memberitahu Numa Sadoul, seorang jurnalis dan penulis, bahwa ia sedang memikirkan petualangan Tintin berikutnya - mengambil tempat seluruhnya di sebuah ruang tunggu keberangkatan bandar udara. Ide ini pada akhirnya ditinggalkan, dan pada tahun 1978, ia memutuskan untuk menulis cerita dengan mengambil latar belakang dunia seni modern (modern art). 

Hergé telah mulai jenuh dengan ciptaannya itu. Di bawah tekanan pada dirinya untuk menciptakan cerita-cerita petualangan baru dan sebagai usaha untuk membangkitkan kembali kecintaannya pada penulisan dan penggambaran Petualangan Tintin, Hergé memilih untuk menggabungkan kecintaannya pada karya seni agung (avant-garde) ke dalam alur ceritanya. Ia terinspirasi oleh perjalanan karier kriminal Fernand Legros dan Elmyr de Hory dalam hal lukisan-lukisan palsu, dan menggabungkannya dengan elemen yang lain, yaitu sebuah sekte kepercayaan baru dan gurunya yang palsu. Ia berencana untuk menampilkan Rastapopoulos sebagai penjahat utama, tapi menurut Harry Thompson, ia meninggalkan ide tersebut pada tahun 1980 ketika ia memperkenalkan unsur seni alfabet (the alphabet art). 

3 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih untuk komix Tintinnya.
Saya sudah coba download ternyata hanya di blog ini saya bisa download.
Sekali lagi terimakasih Mbak Lailan.

Salam

Ari

Anonim mengatakan...

makasih ya

Unknown mengatakan...

Terima kasih linknya masih aktif, ijin donlot ya. Regards